Presiden Joko Widodo mengatakan telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Kamis malam, 31 Januari 2019, untuk membahas evaluasi penanganan pasca bencana di sejumlah daerah di tanah air.

“Terutama memang evaluasi mengenai bencana di NTB, kemudian di Palu, juga di Banten dan Lampung,” kata Presiden saat menjawab pertanyaan jurnalis saat mengunjungi Benteng Van Den Bosch di Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Jumat, 1 Februari 2019.

Presiden mengatakan, penanganan pasca bencana di Provinsi NTB diharapkan dapat segera selesai karena alokasi dana rehabilitasi dan rekonstruksinya sudah siap digunakan.

“Kemarin saya sudah berikan target ke Kepala BNPB agar di bulan ini segera dirampungkan,” ucap Presiden.

Setelah NTB, selanjutnya menurut Presiden, adalah upaya rehabilitasi dan rekonstruksi di Palu yang saat ini sudah dimulai.

“Palu kan juga misalnya hunian sementaranya belum tertutup semua. Tapi paling tidak bulan ini juga sudah kita mulai untuk membangun yang hunian tetapnya yang di tempat relokasi baru. Sudah mulai”, jelas Presiden.

Terkait bencana di Sulawesi Selatan yang baru-baru ini terjadi, Presiden menyebut bahwa upaya rehabilitasi dan rekonstruksi juga sudah dilaksanakan dan Kepala BNPB juga sudah meninjau ke lokasi.