Fokus

Senin, 3 Oktober 2011

Ibu Ani Meninjau Museum Batik Pekalongan

Pentingnya Museum Untuk Melindungi Budaya Bangsa

 

Ibu Ani membatik di atas payung dengan canting sebelum memasuki Museum Batik Pekalongan, Senin (3/10) siang. (foto:anung/presidensby.info)
Ibu Ani membatik di atas payung dengan canting sebelum memasuki Museum Batik Pekalongan, Senin (3/10) siang. (foto:anung/presidensby.info)
Pekalongan: Ibu Ani Bambang Yudhoyono bersama Ibu Herawati Boediono meninjau Museum Batik Pekalongan, Senin (3/10) siang. Lokasi Museum Batik hanya berjarak 100 meter dari Lapangan Jetayu, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, tempat berlangsungnya peringatan Hari Batik Nasional 2011. Museum Batik ini diresmikan Presiden SBY pada tanggal 12 Oktober 2006.

Sebelum memasuki Museum Batik, Ibu Ani dan Ibu Herawati melukis di atas payung dengan canting yang diikuti secara serentak oleh 1000 orang pembatik payung yang terdiri dari 750 perempuan, 200 pelajar, dan 50 orang seniman. Rampak gendang mengiringi para pembatik melukis payung.

Di Museum Batik, Ibu Ani dan rombongan berkeliling melihat koleksi-koleksi batik nasional. Pengelola museum, Zahir Widadi, menjelaskan kepada Ibu Ani semua koleksi yang dimiliki Museum Batik Pekalongan.

Dalam pidatonya pada peringatan Hari Batik Nasional 2011 di Lapangan Jetayu, Ibu Ani menekankan pentingnya museum untuk melindungi budaya bangsa. "Untuk dapat melindungi budaya sebagai warisan budaya, keberadaan museum sebagai referensi budaya sangatlah penting. Tantangannya bagi kita semua adalah bagaimana menyampaikan kepada masyarakat bahwa datang ke museum itu sangat penting," tegas Ibu Ani.

"Museum adalah tempat yang mendidik dan tempat mempelajari serta mengetahui sejarah dan budaya bangsa. Banyak museum yang kita miliki, salah satunya adalah Museum Batik Pekalongan. Museum Batik ini dapat mentransmisikan sejarah, makna simbolis, tradisi dan semua hal yang terkait dengan batik agar batik dapat tetap eksis dan dicintai masyarakatnya," Ibu Ani menjelaskan.

Usai santap siang di rumah dinas Walikota Pekalongan, rombongan Ibu Ani dijadwalkan mengunjungi Desa Pesindon, salah satu desa batik di Pekalongan. (osa)

 

Link Terkait:

 

Redaksi | Syarat & Kondisi | Peta Situs | Kontak
© 2006 Situs Web Ibu Negara Republik Indonesia - Ny. Hj. Kristiani Herawati
Hak Cipta dilindungi Undang-undang