Berita Utama

Dilepas Ratu Elizabeth II, SBY Meningalkan Buckingham

London, Inggris: Mengenakan setelan jas lengkap, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono yang mengenakan kebaya hijau berpamtian dengan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Jumat (2/11). Jam di atap Istana Buckingham menunjukkan pukul 10.00 ketika SBY dan Ibu Ani keluar dari Belgian Suite, Royal Pavilion, diantar tuan rumah Ratu Elizabeth II dan Pengeran Philip.

Ratu Elizabeth yang berusia 82 tahun mengenakan busana putih, sedangkan Duke of Edinburgh, Pangeran Philip, mengenakan setelan jas seperti SBY.

Upacara pelepasan ini sangat sederhana. Presiden SBY dan Ibu Ani bersalaman di bawah tangga, lalu langsung masuk ke dalam mobil sedan berlogo Kerajaan Inggris dan bendera merah putih. Mobil Bentley berwarna cokelat marun itu langsung meluncur ke tengah halaman Istana Buckingham yang pagi ini tampak lengang.

Presiden SBY dan Ibu Ani tinggal di Istana Buckingham sejak Rabu (31/10) siang dengan upacara penyambutan ala Kerajaan Inggris. Selain SBY dan Ibu Ani, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Ketua DPR Marzuki Alie dan Ketua DPD Irman Gusman juga tinggal di kediaman Ratu Elizabeth tersebut. Turut pula Agus Harimurti dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dari Istana Buckingham, Presiden menuju Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris di jalan Raja Charles, untuk menyampaikan pidato pada acara Wilton Park Annual Address. (har)

 

Link Terkait: