Berita Utama

Pembukaan Pameran Pariwisata Internasional ITB Berlin 2013

Presiden SBY Promosikan Pariwisata Indonesia ke Seluruh Dunia

Presiden SBY, Ibu Ani, dan Kanselir Merkel menghadiri Pembukaan Pameran Pariwisata Internasional ITB Berlin di ICC/Messe Berlin, Jerman, Selasa (5/3) malam waktu setempat. (foto: abror/presidenri.go.id)
Presiden SBY, Ibu Ani, dan Kanselir Merkel menghadiri Pembukaan Pameran Pariwisata Internasional ITB Berlin di ICC/Messe Berlin, Jerman, Selasa (5/3) malam waktu setempat. (foto: abror/presidenri.go.id)
Berlin, Jerman: Selasa (5/3) pukul 18.00 waktu setempat, atau tengah malam WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, menghadiri Pembukaan Pameran Pariwisata Internasional ITB Berlin di ICC/Messe Berlin, Jerman. Indonesia adalah negara mitra utama pada ITB Berlin 2013.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengundang masyarakat dunia untuk melihat budaya dan keanekaragaman Indonesia yang unik pada pameran perjalanan terbesar di dunia.

Begitu tiba di ICC, sambil berjalan menuju tempat acara, Presiden SBY, Ibu Ani, dan Kanselir Merkel disambut barisan pemuda-pemudi Indonesia yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia diiringi alunan musik Angklung yang memainkan lagu-lagu daerah Indonesia dan Jerman, instalasi karya seni seniman-seniman Indonesia, dan atraksi pencak silat yang diperagakan oleh warga negara asing.

Seperti seorang salesman handal, Presiden SBY mempromosikan Indonesia kepada 4500 undangan yang hadir malam itu. "Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman. Terletak di garis equator, Indonesia dimanjakan oleh udara yang hangat dan matahari yang bersinar terang. Karena udaranya yang hangat, anda bisa mengenakan sandal dan celana pendek setiap hari," ujar SBY disambut tepuk tangan dan sorak-sorai undangan.

Sambil bercanda Presiden SBY mengungkapkan kelegaannya karena Kanselir Merkel hanya memberinya waktu 15 menit untuk menyampaikan pidato. "Ketika berbicara tentang negara saya, saya dapat berbicara tiada akhir, dan staf saya biasanya tidak ada yang berani untuk menyuruh saya berhenti berbicara," canda SBY. "Tetapi saya berada dalam pengawasan anda, dan saya berharap anda semua dapat menangkap pesan dasar bahwa anda semua akan disambut dengan hangat jika berkunjung ke Indonesia. Dan saya percaya bahwa pengalaman anda di Indonesia adalah sesuatu yang tidak akan terlupakan," tambahnya.

Sementara Kanselir Merkel dalam sambutannya menjelaskan bahwa ITB semakin besar dari waktu ke waktu. "Diawali dari 9 peserta dan 4 negara, sekarang seribu lebih peserta dari 188 negara mengikuti pameran ITB. ITB adalah pusat untuk kegiatan ekonomi pariwisata di dunia," jelas Merkel. "Saya selama ini sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara yang sangat indah. Indonesia negara yang unik dengan keanekaragamannya, namun dapat hidup rukun," tambahnya.

Malam itu, undangan dihibur oleh berbagai hiburan kesenian Indonesia, seperti tari Saman, tari Kecak, persembahan lagu dari Sandhy Sondoro dan Eka Deli yang berkolaborasi dengan penari Kalimantan, penari Maluku, dan pemusik sampek, serta lagu-lagu daerah Indonesia yang berirama riang. Ditampilkan juga multimedia yang menayangkan tentang keindahan alam Indonesia, keahlian orang Indonesia dalam membuat karya seni, dan kehidupan orang Indonesia yang senang berbagi, tolong menolong dan ramah tamah.

Indonesia sendiri sudah 45 kali berpartisipasi dalam pameran pariwisata internasional ITB Berlin, (osa/dit)