Berita Utama

Tinggalkan Berlin, Presiden Menuju Budapest

Presiden SBY dan Ibu Ani meninggalkan Jerman melalui Bandara Tegel, Berlin, untuk menuju Hungaria, Rabu (6/3) pagi. (foto: abror/presidensby.info)
Presiden SBY dan Ibu Ani meninggalkan Jerman melalui Bandara Tegel, Berlin, untuk menuju Hungaria, Rabu (6/3) pagi. (foto: abror/presidensby.info)
Berlin, Jerman: Presiden Susilo Bambang Yudhyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono meninggalkan Jerman, Rabu (6/3) pukul 09.00 waktu Berlin atau 15.00 WIB. Pesawat khusus kepresidenan Garuda Airbus A330-300 lepas landas dari Bandara Internasional Tegel, Berlin, pukul 09.00 waktu setempat atau 15.00 WIB. Usai sudah kunjungan kenegaraan selama empat hari di Jerman. Presiden melanjutkan lawatan ke Hungaria.

Selama berada di Berlin, Presiden SBY dan delegasi menginap di Hotel Adlon Kempinski. Hotel ini adalah hotel tertua di kota Berlin dan terletak di pusat kota, sangat dekat dengan kantor Kanselir serta gedung parlemen Jerman.

Sejumlah kegiatan Presiden saat kunjungan di Jerman diantaranya melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Jerman Joachim Gauck, menghadiri forum bisnis Indonesia-Jerman, dan pertemuan dengan diaspora Indonesia.

Presiden SBY juga melakukan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan menghadiri pembukaan International Tourism Bourse (ITB). Presiden juga bertemu Walikota Berlin Klaus Wowere.

Kunjungan kali ini menghasilkan banyak langkah kerja sama konkret Indonesia dan Jerman. Diantaranya usulan dibentuknya Indonesia-Germany Advisory Group (IGAG) yang merupakan produk dari Deklarasi Jakarta. Lainnya, pembukaan ITB berlangsug sukses, dimana tahun ini Indonesia bertindak sebagai mitra penyelenggara.

Turut serta dalam kunjunan ini, antara lain, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Seskab Dipo Alam, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Kepala BKPM Muhammad Chatib Basri, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. (dit/osa)

 

Link Terkait: