Berita Utama

SBY dan Ibu Ani Tinjau Baksos TNI-BKKBN di Situbondo

Situbondo, Jawa Timur: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono meninjau pelaksanaan Bakti Sosial Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB Kes) yang digelar BKKBN dan TNI, di pelataran parkir Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (3/5) siang. Kegiatan ini mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai gelar baksos dengan operasi terbanyak dan selama 55 hari berturut-turut.


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kodam V/Brawijaya Kolonel Dwi Bambang Ari Wibowo, kegiatan baksos ini bertujuan memasyarakatkan KB dan melaksanakan program 'Dua Anak Cukup'. Kegiatannya mulai dari pelayanan KB suntik, IUD sampai kegiatan steril bagi keluarga yang telah memiliki dua anak. Baksos melibatkan seribu peserta KB.


Saat melakukan peninjauan, Presiden SBY dan Ibu Ani menyapa warga."Saya berharap kegiatan menolong sesama seperti ini bisa dilakukan secara rutin. Menolong sesama sama dengan membangun hari esok bagi anak-anak kita," Presiden SBY berpesan.

Pesan juga disampaikan kepada anak-anak yang datang menemani orang tua dalam baksos ini. SBY berharap mereka rajin belajar, rajin beribadah, dan rukun dengan kawan. "Insya Allah, anak-anak sekalian akan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang," kata SBY.

Presiden juga menyambangi pameran foto 'Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis 1000 Dhuafa' yang diadakan RS Bina Sehat Jember dan RS Al Huda Genteng, Banyuwangi. Program ini didukung oleh lima kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Situbondo, serta lima Komando Distrik Militer (Kodim) di bawah Kodam V/Brawijaya dan PKK Kabupaten Jember. Program baksos berhasil mendapatkan rekor Muri sebagai gelar baksos dengan operasi terbanyak dan selama 55 hari berturut-turut.


Pada kesempatan ini, Presiden dan Ibu Ani juga menanam pohon di belakang lokasi penyelenggaraan bakti sosial. SBY dan Ibu Ani menanam spesies pohon yang sama, yaitu Kelapa (cocos nucifera).
 "Bismillahirrahmanirrahiim. Semoga subur, barokah, dan membawa manfaat," ujar Presiden SBY.


Setelah melakukan penanaman pohon, Presiden SBY secara simbolis memberi bantuan sembako untuk 750 warga sekitar dengan profesi nelayan, petani, pedagang ikan, dan ibu rumah tangga.

Mendampingi Presiden SBY, antara lain Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (yor)

twitter: @websitepresiden

 

Link Terkait: