Arsip Kibar

« Februari 2013 »
M S S R K J S
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Kibar

Asrama Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Alzhar, Mesir


Mesir merupakan pusat peradaban dunia yang sangat terkenal. Berbagai bentuk ilmu pengetahuan, teknologi, agama, kesenian dan lainnya telah dimiliki negeri ini berabad-abad lalu lamanya. Mesir merupakan negeri para ulama dan kiblat ilmu pengetahuan dunia Islam. Hal ini mengundang ketertarikan dari pelajar-pelajar diseluruh penjuru dunia untuk melanjutkan pendidikan di Mesir. Saat ini terdapat sekitar 4000 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Mesir.

Salah satu perguruan tinggi terkemukan di Mesir adalah Al-Azhar. Universitas Al-Azhar merupakan salah satu pusat pendidikan yang tidak hanya terkenal di tempat asalnya, namun juga di seluruh penjuru dunia. Sebagai salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia, universitas ini telah dibangun sekitar tahun 970-972 M. Dibangun oleh Bani Fatimiyah dan nama Al-Azhar sendiri mengambil nama putri Nabi Muhammad SAW, Sayyidah Fatimah az-Zahra.

Mahasiswa yang belajar di Al-Azhar tercatat berasal dari 102 negara, termasuk Indonesia. Minat pelajar Indonesia sendiri untuk menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar juga sangat tinggi. Ribuan mahasiswa telah menetap untuk menimba ilmu di sana. Oleh karena itu, pihak universitas me-wakaf-kan tanahnya untuk dijadikan asrama bagi mahasiswa Indonesia.

Asrama ini masih berada pada tahap awal pembangunan dan berlokasi di komplek Universitas Al-Azhar. Dirancang di atas tanah seluas 14.000 meter persegi, dan rencananya akan dibangun 324 kamar dalam 4 gedung. Pembangunan asrama ini dijadwalkan rampung dan diresmikan pada tahun 2015. Nantinya asrama ini akan berisikan 50% mahasiswa Indonesia, 25% mahasiswa Mesir, dan 25% mahasiswa lainnya.

Di sela-sela kunjugan kerja untuk menghadiri KTT OKI di Kairo, Mesir, Rabu (6/2), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan untuk mengunjugi lokasi pembangunan asrama mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar itu. Selain menyampaikan apresiasi terhadap pihak Al-Azhar yang turut berperan dalam menyiapkan pemimpin, tokoh dan ulama Indonesia, SBY juga menyampaikan terima kasih atas kesempatan pembangunan asrama.

"Saya berterima-kasih karena Indonesia dapat kesempatan ikut membangun asrama mahasiswa. Insya Allah akan kami lakukan kontribusi untuk membangun asrama lainnya," ujar SBY.

Peletakan batu pertama asrama mahasiswa Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2011. Asrama ini dibangun dengan menghimpun dana dari pemerintah provinsi yang ada di Indonesia. Sampai saat ini dana yang telah terhimpun berjumlah 19 miliar rupiah. (fbw)