Pidato Presiden

Sambutan pada Peresmian Pembukaan Jambore Nasional IX Gerakan Pramuka 2011

 

TRANSKRIP
SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PADA PERESMIAN PEMBUKAAN
JAMBORE NASIONAL IX GERAKAN PRAMUKA TAHUN 2011
DI OGAN KOMERING ILIR, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN
TANGGAL 2 JULI 2011




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati para tamu dan para undangan,
Yang saya hormati Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka beserta jajaran Gerakan Pramuka seluruh Indonesia,
Adik-adik Pramuka Penggalang dan peserta Jambore Nasional yang saya cintai dan saya banggakan,

Salam Pramuka!
Sungguh merupakan kegembiraan bagi saya, pada hari yang bersejarah ini, atas berkat rahmat dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, kita dapat berkumpul bersama di Bumi Perkemahan Danau Telukgelam yang indah ini. Kita berkumpul di sini untuk mengikuti peresmian pembukaan Jambore Nasional IX Gerakan Pramuka Tahun 2011.

Sebagai Ketua Majelis Pemimpin Nasional Gerakan Pramuka, saya ingin menyampaikan ucapan selamat datang kepada adik-adik Pramuka Penggalang, baik yang datang dari seluruh tanah air maupun dari gugus depan KBRI di luar negeri, serta adik-adik anggota gerakan kepanduan yang datang dari negara-negara sahabat. Adik-adik dengan latar belakang suku, bahasa, agama, dan budaya yang berbeda dapat berbaur di tempat ini sebagai wujud nyata dari Bhinneka Tunggal Ika.

Hadirian sekalian yang saya muliakan,
Adik-adik Pramuka Penggalang yang saya cintai dan saya banggakan,
”Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang” yang menjadi tema besar Jambore Nasional kali ini memiliki makna yang sangat dalam. Bersatu teguh menjadi pendorong tekad bagi anak-anak sekalian untuk lebih bersatu padu, menggelorakan semangat dan siap berjuang mewujudkan Indonesia yang gemilang. Masa depan bangsa dan negara kita dalam 20 atau 30 tahun yang akan datang terletak di tangan Anak-anakku sekalian. Karena itu, tanamkan tema itu dalam dada kalian. Jadilah generasi muda bangsa pelopor dan pembaru masa depan. Songsong masa depan Indonesia Raya yang gilang-gemilang.

Sebagaimana Adik-adik ketahui bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter, dan kepribadian generasi muda bangsa. Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan. Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, saya bersyukur sejak saya canangkan revitalisasi Gerakan Pramuka lima tahun yang lalu telah banyak hasil dan kemajuan yang kita peroleh pada peningkatan kualitas Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka telah kembali diminati oleh generasi muda bangsa. Saya menilai berbagai upaya peningkatan kualitas pembinaan, pengkayaan keterampilan, serta pembenahan organisasi dan manajemen dalam tubuh Gerakan Pramuka telah berjalan makin baik.

Saudara-saudara,
Kemajuan besar yang kita peroleh adalah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Terbitnya undang-undang itu merupakan wujud nyata dari perhatian negara, pemerintah, dan masyarakat terhadap pentingnya Gerakan Pramuka serta manfaat pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. Melalui undang-undang itu, kita mantapkan peran Gerakan Pramuka sebagai pembentuk kepribadian generasi muda yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotis, taat hukum, toleran, dan disiplin. Melalui undang-undang itu pula, kita tingkatkan dukungan dan fasilitasi agar kaum muda kembali mencintai kegiatan kepramukaan sebagai wahana belajar untuk menjadi pemimpin serta sarana perluasan pengetahuan dan keterampilan berlandaskan sistem among atau pengasuhan yang mengakar pada latar belakang budaya kita.

Dengan sistem among atau pengasuhan itulah, kita arahkan proses pendidikan kepramukaan agar dapat membentuk peserta didik yang berjiwa merdeka, disiplin dan mandiri. Peserta didik yang juga mampu mengembangkan hubungan timbal balik antarmanusia secara makin luas dan makin semarak di seluruh pelosok tanah air.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada para anggota Pramuka Penggalang yang saya cintai dan saya banggakan. Pertama, hari ini kalian mulai mengikuti rangkaian kegiatan Jambore Nasional. Jambore Nasional ini hendaknya dijadikan sebagai sarana belajar, berkarya, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa. Manfaatkanlah Jambore Nasional untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan di antara kalian.

Kedua, ikuti seluruh kegiatan Jambore ini. Serap pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan seluas-luasnya. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan Pramuka dari negara-negara sahabat. Usai kalian pulang dari Jambore Nasional ini, sebarkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kalian kepada rekan-rekan di sekolah kalian masing-masing.

Ketiga, usai Jambore ini, teruslah mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah masing-masing. Gerakan Pramuka memiliki banyak kegiatan yang bermanfaat. Apalagi saat ini kegiatan kepramukaan telah disesuaikan dengan kemajuan jaman. Insya Allah melalui Gerakan Pramuka, kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak di samping yang kalian peroleh di sekolah.

Keempat, tanamkan kebanggaan kalian sebagai anak Indonesia. Giatlah belajar dengan tekun dan rajin. Tingkatkan ketaatan beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olahraga. Hormati orang tua dan guru-guru kalian. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan kalian.

Dan yang kelima, jadilah remaja yang aktif, kreatif dan enerjik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan kalian. Ajak rekan-rekan kalian untuk mengisi kegiatan dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat yang dapat kalian jadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak. Persiapkan diri kalian semua dengan baik untuk melanjutkan kepemimpinan di negeri ini di masa yang akan datang.

Secara khusus, saya berpesan kepada Saudara Ketua dan jajaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk melanjutkan revitalisasi Gerakan Pramuka. Berikan dukungan dan fasilitasi, saya ulangi, berikan dukungan dan fasilitasi, baik pada pembentukan dan perluasan gugus depan berbasis sekolah maupun komunitas di seluruh pelosok tanah air. Kedepankan prinsip dan metode kepramukaan universal. Perkokoh peran Gerakan Pramuka sebagai bagian sistem pendidikan nasional bagi kaum muda, yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa.

Jadikan pula Gerakan Pramuka sebagai pelindung kaum muda dari berbagai ancaman seperti aksi kekerasan, radikalisme, terorisme, serta penyalahgunaan narkoba. Berikan perhatian besar kepada peningkatan tata kelola, manajemen, serta pengadaan dan penyelenggaraan para pelatih dan pembina Gerakan Pramuka. Pastikan pengelolaan manajemen pendidikan terbaik, mulai dari tingkat nasional hingga tingkat daerah.

Saya menyambut baik gagasan pembentukan unit penelitian dan pengembangan untuk mengkaji teknik, metode, serta kurikulum pembelajaran dan keterampilan di Kwartir Gerakan Pramuka di seluruh tanah air.

Kepada para menteri terkait, saya berpesan agar dapat memberikan dukungan pada pengembangan kepramukaan, baik di lingkungan gugus depan berbasis sekolah maupun gugus depan berbasis komunitas.

Kepada para gubernur, para bupati dan para walikota, saya juga berpesan agar dapat memberikan dukungan pada pengembangan Gerakan Pramuka di wilayah Saudara masing-masing. Lakukan pembinaan yang terencana dan berkesinambungan untuk kegiatan Gerakan Pramuka. Berikan alokasi dana yang cukup dari APBD untuk pendidikan, pembinaan kegiatan dan operasional organisasi Gerakan Pramuka. Dorong dan ajak kalangan bisnis dan dunia usaha untuk mengembangkan Gerakan Pramuka melalui program Corporate Social Responsibility.

Kepada para pembina Pramuka dari tingkat gugus depan hingga kwartir nasional, saya sampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian Saudara yang tulus ikhlas membina adik-adik kita dalam wadah Gerakan Pramuka.

Kepada seluruh jajaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Saudara Gubernur Sumatera Selatan, dan Saudara Bupati Ogan Komering Ilir, saya ucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya Jambore Nasional IX Tahun 2011 sekarang ini.

Akhirnya dengan terlebih dahulu memohon ridho Allah SWT, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Jambore Nasional IX Gerakan Pramuka Tahun 2011 dengan resmi saya nyatakan dibuka.

Jayalah Pramuka,
Jayalah Indonesiaku,
Salam Pramuka!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

*****

Biro Pers, Media dan Informasi
Sekretariat Presiden