Pidato Presiden

Pengantar pada Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan dan Pengentasan Kemiskinan

 

TRANSKRIP
PENGANTAR PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA RAPAT KOORDINASI MENGENAI
KETAHANAN PANGAN DAN PENGENTASAN KEMISKINAN
DI GEDUNG AGUNG, YOGYAKARTA
TANGGAL 25 MEI 2012




Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Para Menteri,
Saudara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Saudara Gubernur Jawa Tengah, dan para peserta rapat koordinasi sekalian yang saya hormati,

Alhamdulillah, hari ini kita dapat menyelenggarakan rapat koordinasi di Yogyakarta ini sebagai salah satu dari empat kegiatan utama saya serta rombongan yang sekarang ini tengah berkunjung ke DIY dan Jawa Tengah.

Agenda utama kita dalam rapat koordinasi ini adalah untuk mendengarkan, pertama-tama, laporan dan presentasi dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Gubernur Jawa Tengah tentang upaya yang tengah dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan sekaligus upaya untuk mengurangi kemiskinan. Meskipun dalam catatan kami di jajaran pemerintah pusat, kinerja dari kedua provinsi ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menanggulangi kemiskinan dinilai baik, tapi tentu kita ingin bersama-sama membikin yang lebih baik lagi. Kita ingin mensinergikan apa yang dilakukan oleh daerah dengan apa yang menjadi kebijakan dan program nasional.

Oleh karena itu, saya persilakan nanti kedua gubernur untuk mempresentasikan kebijakan, rencana aksi, dan tindakan-tindakan yang dilakukan untuk itu. Dan kemudian, para menteri saya harapkan bisa mensinkronisasikan, mensinergikan apa yang ingin kita lakukan secara nasional.

Sebelum kita mulai, khusus untuk rombongan dari Jakarta, agar dibiasakan kalau ada kegiatan seperti ini, meskipun pertemuan ini sebagian dari kegiatan kita selama berkunjung ke daerah, Saudara bisa ikut dalam pesawat yang saya tumpangi. Menghemat, jauh lebih efisien. Kemudian di tempat ini, gedung negara, kantor kita juga, Saudara bisa bermalam. Tidak perlu bermalam di luar. Dengan demikian, kita juga bisa melakukan efisiensi dan penghematan yang berarti.

Saudara-saudara,
Itu, dan untuk teman-teman pers, nanti sore ada konferensi pers untuk menjelaskan apa saja yang kami lakukan sejak tadi pagi sampai sore nanti dan insya Allah juga sampai besok di Jawa Tengah, untuk menghadiri suatu kegiatan internasional, untuk mengembangkan dunia pariwisata di daerah.

Demikian pengantar saya. Dan segera setelah ini nanti, saya persilakan. Kita mulai dari tuan rumah dulu, Saudara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Pak Sultan, dan kemudian nanti dilanjutkan oleh Saudara Gubernur Jawa Tengah. Saya persilakan.

*****

Biro Pers, Media dan Informasi
Sekretariat Presiden