Pidato Presiden

Sambutan pada Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

 

TRANSKRIP
SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PENGUKUHAN PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA
ISTANA NEGARA, JAKARTA
14 AGUSTUS 2012




Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Saudara Wakil Presiden,
Para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, dan para Undangan yang saya hormati,
Para Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang saya cintai dan saya banggakan,

Pertama-tama, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, karena baru saja kita menyelenggarakan acara Pengukuhan Anggota Paskibraka Tahun 2012 ini. Saya, atas nama negara dan Pemerintah, pertama-tama juga ingin mengucapkan selamat kepada kalian semua, para Anggota Paskibraka, selamat atas terpilihnya mewakili putra-putri di seluruh tanah air untuk mengemban tugas yang penting dan bersejarah ini. Saya berharap, laksanakanlah tugas yang mulia, serta penuh dengan kehormatan dan kebanggaan ini sebaik-baiknya. Kalian telah dilatih. Saya yakin, tugas akan dapat diemban dengan baik. Jadikan pula tugas yang kalian emban ini sebagai babak baru atau momen penting dalam membangun masa depan kalian semua.

Para Anggota Paskibraka yang saya cintai,
Jadilah generasi masa depan yang maju dan unggul. Generasi bangsa yang maju dan unggul, pertama-tama, haruslah memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang akan menjadi sarana untuk mengatasi berbagai permasalahan di negara kita, bahkan di tingkat dunia, juga generasi bangsa yang sehat jasmani dan sehat rohani. Tetapi, yang lebih penting lagi adalah generasi bangsa yang memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, yang ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang bagi bangsa dan negaranya, berbakti untuk nusa dan bangsa.

Saya juga sangat berharap kepada kalian semua, putra-putri bangsa terbaik, yang terpilih untuk mengemban tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan yang insya Allah akan kita laksanakan pada tanggal 17 Agustus tahun 2012 ini, untuk benar-benar sekali lagi, menjadi pelopor dan contoh bagi persatuan bangsa, persatuan Indonesia. Sekarang, kalian merasa dekat dan kompak. Pertahankanlah kedekatan, persaudaraan, dan kekompakan itu ketika kalian semua melangkah ke depan, menapaki perjalanan karier menuju masa depan yang lebih baik.

Apa pun identitasnya, kita, bangsa Indonesia, harus tetap rukun dan bersatu. Apa pun agama, etnis, daerah, suku, dan perbedaan identitas apa pun, kita satu seperti sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Dan oleh karena itu, sebagai putra-putri bangsa terpilih, lakukan dengan aktif untuk mengajak semua warga bangsa, terutama generasi muda, untuk mencegah konflik dan kekerasan di antara kita semua.

Itulah pesan saya pada hari pengukuhan kalian menjadi anggota Paskibraka tahun ini. Sekali lagi, selamat, selamat bertugas, dan semoga kalian semua sukses dalam mengemban tugas negara dan bangsa yang penting dan bersejarah ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

*****

Biro Pers, Media dan Informasi
Sekretariat Presiden