Sejak 29 Mei 2006, Andi A. Mallarangeng menulis kolom "Dari Kilometer 0,0" yang terbit setiap senin di Harian Jurnal Nasional. Kolom-kolom itu menyajikan ide, isu terkini, dan solusi permasalahan yag dihadapi bangsa ini, dengan bahasa yang ringan dan mudah di mengerti oleh berbagai kalangan. Kolom-kolom itu juga mengandung makna editorial yang mengulas kinerja, kebijakan dan strategi pemerintah dalam menghadapi suatu persoalan. Selain itu, ia memberi pencerahan dan suatu persoalan.

Selain itu ia memberi pencerahan dan motivasi kepada setiap orang agar bersikap optimis dan positif menghadapi berbagai persoalan. Tak ketinggalan, ia pun mengingatkan kita senantiasa bekerja keras memecahkan aneka ragam persoalan.

Lantaran sifat khas kolom-kolom itu, Indonesia Research and Development Institute (Indonesia RDI) memutuskan untuk menerbitkan kompilasi Andi A. Mallarangeng, sebagai salah satu strategi memotivasi khayalak agar tetap menumbuhkan optimisme dan pemikiran positif, tatkala bangsa ini dihadapi kepada berbagai persoalan, politik, ekonomi dan bencana alam. Lebih jauh, buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi pembaca, khususnya yang tertarik mendalami isu-isu yang dibahas Andi A. Mallarangeng.

Notrida G.B. Mandica