Ibu Negara dan OASE-KIM Bersama Pelajar Lombok Barat dalam Aksi Lingkungan

Puncak acara hari itu adalah pelepasan 300 tukik yang diikuti oleh 25 siswa-siswi SD.

Dipublikasikan pada Kamis, 30 Mei 2024 17:52 WIB

Matahari bersinar cerah di atas Pantai Elak-elak, Kabupaten Lombok Barat saat Ibu Iriana tiba bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) tepat pukul 14.40 WITA pada Kamis, 30 Mei 2024. Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana dan anggota OASE KIM melakukan sejumlah aksi pelestarian lingkungan yang melibatkan siswa-siswi dari berbagai tingkat pendidikan.

Setibanya di sana, Ibu Iriana dan OASE KIM memulai kegiatan dengan mengunjungi sesi edukasi daur ulang sampah yang diikuti oleh 70 siswa SD. Ibu Iriana tampak berinteraksi langsung dengan anak-anak sekaligus memberikan motivasi agar mereka peduli terhadap kebersihan lingkungan sejak dini.

Selanjutnya, Ibu Iriana bersama 20 siswa SMA melakukan transplantasi terumbu karang. Dengan mengenakan sarung tangan khusus, Ibu Iriana menanam fragmen-fragmen terumbu karang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu pemulihan ekosistem laut yang rusak sekaligus memberikan pemahaman praktis kepada anak-anak mengenai pentingnya menjaga kelestarian laut.

Selanjutnya pada aksi bersih-bersih pantai, 25 siswa SD tampak antusias mengambil sampah plastik dengan menggunakan capitan yang telah disiapkan. Ibu Iriana turut serta mengambil sampah plastik tersebut, memberikan contoh nyata kepedulian terhadap lingkungan. Dengan kebersamaan ini, pantai Elak-elak menjadi lebih bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Puncak acara hari itu adalah pelepasan 300 tukik yang diikuti oleh 25 siswa-siswi SD. Ibu Iriana tampak tersenyum bahagia melihat antusiasme anak-anak dalam menjaga kehidupan satwa laut, salah satunya dengan aksi melepaskan tukik ke laut.

Hari yang cerah di Pantai Elak-elak diakhiri dengan penuh semangat dan harapan, bahwa aksi nyata dari generasi muda dapat membawa perubahan positif bagi masa depan lingkungan Indonesia.

(BPMI Setpres)