Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas dan Pelayanan BPJS di RSUD Dr. H. Kumpulan Pane

Kepala Negara memandang bahwa kapasitas rumah sakit tersebut juga harus ditambah.

Dipublikasikan pada Rabu, 7 Februari 2024 15:33 WIB

Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Kumpulan Pane di Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu, 7 Februari 2024. Dalam peninjauan tersebut, Presiden juga mengecek pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Ya ini seperti saya selalu berkunjung di kota dan kabupaten yang lain ingin mengecek pelayanan di bidang kesehatan, mengecek fasilitas rumah sakit, mengecek kondisi gedung rumah sakit, mengecek pendaftaran pasien, mengecek pelayanan BPJS seperti apa kecepatannya,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Kepala Negara memandang bahwa kapasitas rumah sakit tersebut juga harus ditambah. Hal tersebut dikarenakan RSUD Dr. H. Kumpulan Pane juga menjadi tempat tujuan berobat masyarakat di kabupaten/kota sekitar Kota Tebing Tinggi.

“Ya di sini memang di RSUD Dr. H. Kumpulan Pane ini dari kabupaten sekitar Kota Tebing Tinggi ini banyak yang berdatangan sehingga saya lihat memang jumlah pasiennya juga cukup banyak, padahal di sini hanya memiliki 202 tempat tidur sehingga memang kapasitasnya perlu ditambah,” paparnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah dapat membantu menyiapkan lahan untuk RSUD tersebut untuk kemudian dibangun oleh pemerintah pusat. Demikian halnya dengan bangunan lama RSUD tersebut yang dinilai Presiden perlu diperbaiki total.

“Tadi saya tanya ke Pak Wali Kota, ke Pak Gubernur juga, apakah ada lahan yang bisa dibangun untuk tambahan sehingga kapasitasnya bisa lebih gede? Ada. Tadi sudah saya sampaikan dibuatkan proposalnya, nanti dibangun oleh pemerintah pusat. Tapi termasuk juga bangunan yang lama ini perlu direhab total,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, dan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani.

(BPMI Setpres)