Groundbreaking Gedung Bankaltimtara

Jumat, 1 Maret 2024
Kawasan Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur

Kemarin baru saja kita mulai pembangunan kawasan klaster keuangan, klaster industri keuangan, yang di mulai oleh Bank Mandiri, Bank BNI, kemudian Bank BRI, semuanya masuk ke digital banking yang ada di Ibu Kota Nusantara. Itu yang memang kita konsepkan bahwa di sini adalah akan menjadi ekonomi baru, akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia, sehingga semuanya memang harus masuk ke digital banking.

Dan, saya senang pada pagi hari ini juga akan di mulai peletakan batu pertama Bankaltimtara. Ini adalah masuk dalam kategori BPD dengan modal terbesar di tanah air. Dan, kita berharap nantinya Bankaltimtara ini membangun konsorsium, membentuk konsorsium, dan dengan BPD-BPD yang lain di kawasan Kalimantan dan Bankaltimtara bisa menjadi koordinatornya sehingga kekuatan modalnya menjadi semakin kuat dan bisa bersaing dengan bank-bank lainnya.

Saya juga titip tadi pada Bapak Ketua OJK agar antara bank-bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) dengan Bankaltimtara ini bisa bersinergi bersama-sama untuk memberikan pelayanan keuangan kepada masyarakat. Sehingga, kita harapkan utamanya UMKM, utamanya pembangunan-pembangunan di daerah itu bisa semuanya terlibat. Dan, kita harapkan ekonomi di pulau Kalimantan menjadi semakin baik.

Kita tahu pertumbuhan ekonomi Indonesia di (tahun) 2023 kemarin tumbuh sangat baik di angka 5,05 persen, kalau itu di negara-negara G20 masuk tiga yang terbaik karena angkanya 5,05 persen, inflasi kita juga masih terjaga di angka 2,5 persen. Dan, saya kira ini juga pengendalian inflasi yang sangat baik yang di dukung oleh semua provinsi, kabupaten dan kota sehingga kenaikan harga barang juga bisa kita kendalikan dengan baik.

Kemudian yang kedua, karena Bapak-Ibu dari Kalimantan Timur mungkin kalau perjalanan dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara sekarang ini masih memakan waktu hampir kurang lebih hampir 2 jam – 1 setengah jam sampai 2 jam.

Kita harapkan nanti di bulan Juli jalan tol Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara sudah jadi, sudah selesai. Dan, dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara di tempuh hanya dalam waktu kurang lebih 40-45 menit. Dan, yang dari luar Kaltim kalau ingin naik pesawat sekarang turun harus di Samarinda atau di Balikpapan nanti akan ada tambahan lagi airport baru di Ibu Kota Nusantara sehingga terbangnya juga bisa langsung ke Ibu Kota Nusantara atau lewat Balikpapan atau lewat Samarinda. Artinya, masyarakat di beri pilihan-pilihan, alternatif-alternatif.

Saya rasa kalau airport barunya selesai, kemudian tolnya selesai, investasi di Ibu Kota Nusantara ini akan semakin baik, semakin berkembang dan semakin meningkat.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini.

Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama Groundbreaking Gedung Bankaltimtara di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan di mulai.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.