Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Seusai Meninjau Tunnel #1 Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Selasa, 18 Mei 2021
Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Siang hari ini saya berkunjung untuk melihat progres perkembangan pengerjaan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Bersama-sama saya Pak Menko Marinvest, Ibu Menteri Keuangan, dan juga Pak Menteri BUMN, dan juga didampingi oleh Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia.

Saya melihat progres sampai hari ini, tadi dilaporkan kepada saya, telah selesai 73 persen. Dan nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk beroperasi. Dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan, dan tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional.

Saya berharap kereta cepat ini nanti bisa terintegrasi dengan LRT di Jakarta, dengan MRT di Jakarta, sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing, menjadi competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini ada transfer of technology, dan kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dan ini kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan, nanti akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang (Kereta Cepat) Jakarta-Bandung.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, terima kasih. Dan saya sekarang ini berada di terowongan Kereta Cepat (Jakarta-Bandung) di Halim.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.