Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Usai Penyerahan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada para Pedagang Pasar dan Penyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada para Pedagang Kaki Lima

Selasa, 12 September 2023
Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Provinsi Banten

Presiden RI:
Ya ini saya melihat harga-harga sangat baik di sini. Bahkan untuk bawang merah, tadi saya melihat, harga yang biasanya di atas Rp30.000 (per kg), pernah Rp40.000 (per kg), hari ini saya melihat harga bawang merah sudah di angka Rp17.000 (per kg).

Yang kedua, cabe juga sama, turun. Karena apa? Diproduksi di Provinsi Banten sendiri, ditanam di Provinsi Banten sendiri.

Yang memang masih sedikit masalah di beras, titik-titik tadi. Tapi memang operasi pasar secara masif akan dilakukan BULOG dan Badan Pangan pada minggu ini. Berbarengan, jadi membagi bantuan sosial pangan 10 kg per keluarga penerima, untuk 21,3 juta keluarga.

Yang kedua, BULOG juga akan melakukan operasi ke ritel-ritel, ke Cipinang. Semuanya akan di guyur beras secara masif. Kita harapkan dengan itu, harga beras akan mulai turun ya.

Itu aja.

Wartawan:
Pak, terkait protes warga terhadap proyek strategis di Rempang?

Presiden RI:
Ya itu komunikasi yang kurang baiklah. Saya kira kalau warga diajak bicara, diberikan solusi, karena di situ sebetulnya sudah ada kesepakatan bahwa warga akan diberi lahan 500 meter plus bangunannya tipe 45. Tapi ini kurang dikomunikasikan dengan baik sehingga terjadi masalah.

Tapi menurut saya, nanti, mungkin besok atau lusa Pak Menteri Bahlil akan ke sana, akan memberikan penjelasan mengenai itu.