Keterangan Pers Setelah Peninjauan Fasilitas RSUD dan Fasilitas Pelayanan BPJS

Rabu, 7 Februari 2024
RSUD dr. H. Kumpulan Pane, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Wartawan:
Izin, Pak.

Hasil kunjungan hari ini apa saja?

Presiden Joko Widodo:
Ya ini seperti saya selalu berkunjung di kota dan kabupaten yang lain, ingin mengecek pelayanan di bidang kesehatan, mengecek fasilitas rumah sakit, mengecek kondisi gedung rumah sakit, mengecek di pendaftaran pasien, mengecek pelayanan BPJS seperti apa kecepatannya. Saya kira itu yang selalu saya lihat.

Wartawan:
Seperti apa dorongan kita agar semua ter-cover dengan KIS ini, Pak?

Presiden Joko Widodo:
Di sini, memang di RSUD dr. H. Kumpulan Pane ini, dari kabupaten sekitar Kota Tebing Tinggi ini banyak yang berdatangan sehingga saya lihat memang jumlah pasiennya juga cukup banyak, padahal di sini hanya memiliki berapa bed, Pak? 202 tempat tidur sehingga memang kapasitasnya perlu ditambah.

Tadi saya tanya kepada Pak (Pj.) Wali Kota, kepada Pak (Pj.) Gubernur juga, “Apakah ada lahan yang bisa dibangun untuk tambahan sehingga kapasitasnya bisa lebih gede?” “Ada.” Tadi sudah saya sampaikan, “Dibuatkan proposalnya. Nanti dibangun oleh pemerintah pusat,” termasuk juga bangunan yang lama ini perlu direhab total ya.

Wartawan:
Kenapa memilih Tebing Tinggi, Pak?

Presiden Joko Widodo:
Ya karena dekat dengan tol yang baru kita resmikan tadi.

Wartawan:
Pak, terkait perluasan Kota Tebing Tinggi yang dulu pernah diajukan ke Istana, bahwasanya diperluas, ditambah menjadi tiga kecamatan yang saat ini kecamatannya itu di (Serdang Bedagai), bagaimana, Pak?

Presiden Joko Widodo:
Ya nanti ditanyakan kepada Pak (Pj.) Gubernur dulu.

Belum, saya belum mendapat (laporan) mengenai itu ya.

Terima kasih.

Wartawan:
Terima kasih, Pak.