Peresmian Bandara Ngloram Di Kabupaten Blora

Jumat, 17 Desember 2021
Bandar Udara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,
Alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa melihat Bandara Ngloram di (Kecamatan) Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan siap untuk dimanfaatkan masyarakat.

Bandara ini memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1.500 meter, sehingga bisa dipakai untuk pesawat ATR, dan tadi Menteri Perhubungan sudah menyampaikan bahwa (dalam) satu minggu sudah ada penerbangan dua kali dan selalu penuh. Kita harapkan nanti, apabila memang penuh terus dan runway-nya (yang) 1.500 (meter) tidak cukup, akan kita perpanjang lagi menjadi 2.000 meter.

Ini akan mempercepat aktivitas ekonomi, baik itu di Kabupaten Blora, di Kabupaten Bojonegoro, di Kabupaten Tuban, di Kabupaten Ngawi. Mungkin sebagian dari Purwodadi, dari Rembang saya kira akan lebih dekat apabila ingin terbang lewat Bandara Ngloram ini.

Dan kita harapkan aktivitas ekonomi menjadi semakin baik, investasi akan masuk ke Cepu (dan) Bojonegoro semakin banyak, distribusi barang dari daerah ke daerah, dari provinsi ke provinsi juga akan semakin meningkat dan semakin baik, mobilitas orang antarprovinsi, antarpulau, antarkota, antarkabupaten semuanya akan bisa kita tingkatkan lebih baik.

Dan saya melihat tadi juga terminalnya juga cukup besar, bisa menampung kurang lebih 210.000 penumpang per tahun, sangat besar, didesain seperti kita di bawah hutan jati karena memang Blora sangat terkenal dengan hutan jatinya. Ini juga sangat bagus. Kita harapkan bandara ini betul-betul bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Blora dan sekitarnya.

Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini Bandara Ngloram di (Kecamatan) Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah saya nyatakan diresmikan.